Kisah Hamba Allah Yang Bermimpi Menyaksikan Aktifitas Di Dalam Kubur

SIKISAH - Ini adalah kisah tentang seorang Hamba Allah, yang bermimpi melihat suatu pemandangan yang membuat ia begitu penasaran dengan tingkah orang-orang disana.

Sedangkan seorang tua yang lain, terlihat duduk santai seolah tanpa beban yang tidak seperti orang disekitarnya.

Apa yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya?

Kisah Hamba Allah Yang Bermimpi Menyaksikan Aktifitas Di Dalam Kubur
Resource : [news.okezone.com]

Kisah Hamba Allah Yang Bermimpi Menyaksikan Aktifitas Di Dalam Kuburan

Di dalam mimpi itu, ia melihat roh-roh ahli kubur yang sedang mengais-mengais sesuatu. Seperti ada yang mereka cari-cari dibalik rerimbunan rumput, balik nisan, diatas pohon, dll.

Namun, ada seorang yang sudah tua duduk diam diatas kuburnya sendiri. Melihat dan memperhatikan orang-orang yang tampak begitu sibuk mencari sesuatu dibaliknya. Tanpa sekalipun memperdulikan sekelilingya.

Melihat pemandangan seperti itu, beliau memutuskan untuk bertanya demi mengobati rasa penasarannya.

"Mbah," Kata Hamba Allah sembari menunduk sebagai bentuk rasa hormat kepada orang yang lebih tua dari beliau. Lalu di ikuti oleh tolehan seorang tua yang sudah sepuh dengan senyum mengembang di bibirnya.

"Kenapa mbak duduk beristirahat disini dengan tenang, sedang yang lain begitu sibuk mencari-cari sesuatu disana?" Lanjut Hamba Allah kepada seorang tua di depannya.

"Jika kamu ingin tahu jawabannya, besok pagi pergilah engkau ke pasar lalu carilah penjual daging yang masih muda disana" Jawab seorang tua itu dengan wajah berseri.

"Siapakah pemuda itu?" Tanya Hamba Allah lagi memastikan.

"Ia adalah anakku" Jawab seorang tua singkat.

Kemudian, Hamba Allah tersebut beranjak dan meninggalkan tempat tersebut dan tidak lama setelah ia pergi, pun ia terjaga dari tidurnya.

**

Keesokannya, Hamba Allah itu mencari penjual daging yang masih muda dipasar.

Hamba Allah itu mencari sembari bertanya kepada penjual-penjual di pasar tersebut. Satu persatu ia tanyai, sehingga menunjukan suatu pemuda yang berdiri disalah satu pojok pasar sembari menjual dagingnya.

Setelah ketemu, Hamba Allah tersebut hanya bisa memperhatikan dari kejauhan sembali melihat aktifitas penjual daging yang masih muda itu.

Ada satu aktifitas yang menarik perhatian dari Hamba Allah tersebut ketika memperhatikan penjual daging muda itu selepas menjajakan dagingnya. Yakni setelah pemuda penjual daging itu melayani pembelinya lantas ia menyambungnya dengan membaca Al-Qur'an.

Hamba Allah itu pun akhirnya memutuskan untuk menjumpai pemuda itu. Lalu menyapanya. "Assalamu'alaikum wahai anak muda"

"Wa'alaikumsalam" Jawab anak muda itu.

"Bolehkan saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada kamu anak muda?" Tanya Hamba Allah itu.

"Tentu saja boleh tuan, apakah pertanyaan itu?" Sahut Pemuda penjual daging.

"Apakah kamu mempunyai seorang keluarga yang meninggal dunia, yang dikubur di kampung ini?" Hamba Allah bertanya.

"Iya, ialah Ayah saya" Jawab pemuda penjuat daging itu.

"Semalam, saya bermimpi bertemu dengan ruh ayah kamu. Beliau begitu tenang disana. Apa yang engkau lakukan terhadap ayahmu anak muda?" Hamba Allah itu melanjutkan pertanyaannya.

Melihat pengakuan seorang asing yang baru ia kenalnya, pemuda penjual daging itu tidak bisa menahan rasa gembiranya, lalu ia menjawab "Saya membaca Al-Qur'an dan saya berdoa kepada Allah : Ya Allah, jika bacaanku ini terdapat pahalanya, saya sedekahkan kepada ayahku disana"

Hamba Allah itu pun spontan mengucapkan "Subhanallah".

**

Ikhtisar

Mungkin ada yang masih bertanya maksud cerita diatas.

Kenapa ada ruh ahli kubur tamopa mengais-ngasi rumput, sedangkan seorang tua justru duduk tenang tidak seperti yang lainnya.

Jawaban

Mereka yang sedang mengais rumput, adalah mereka yang sedang mencari percikan do'a yang ditujukan kepadanya. Yang biasanya diberikan oleh orang ramai dengan doa "Alla kulli muslimin wal muslimat, wal mu'minin wal mu'minat"

Sedangkan seorang tua itu, karena doa anaknya yang dikhususkan kepadanya. Sehingga nikmat kubur lewat doa anaknya, langsung bisa dirasakannya.

Pesan

Makna dan pesan dari kisah ini, berdoalah untuk kedua orang tua kamu, dan juga saudara-saudara kamu yang sudah tiada.

Khususkan doa itu untuk mereka, sehingga mereka bisa mendapatkan kesanangan di alam barzakh.

Jika terbentur oleh kesibukan dunia kamu, setidaknya bacakan satu surah saja. Al-Fatihah misalnya. Itu akan membuat mereka yang telah tiada, mereka yang telah engkau do'a kan, akan mendapatkan nikmat disana.

0 Response to "Kisah Hamba Allah Yang Bermimpi Menyaksikan Aktifitas Di Dalam Kubur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel